Pengertian Transmisi Manual
Transmisi manual adalah sistem transmisi
otomotif yang memerlukan pengemudi sendiri untuk menekan/menarik seperti pada
sepeda motor atau menginjak kopling seperti pada mobil dan menukar gigi
percepatan secara manual. Gigi percepatan dirangkai di dalam kotak gigi/gerbox
untuk beberapa kecepatan, biasanya berkisar antara 3 gigi percepatan maju
sampai dengan 6 gigi percepatan maju ditambah dengan 1 gigi mundur (R). Gigi
percepatan yang digunakan tergantung kepada kecepatan kendaraan pada kecepatan
rendah atau menanjak digunakan gigi percepatan 1 dan seterusnya kalau kecepatan
semakin tinggi, demikian pula sebaliknya kalau mengurangi kecepatan gigi
percepatan diturunkan, pengereman dapat dibantu dengan penurunan gigi
percepatan.
Cara kerja transmisi manual 5 kecepatan.
Posisi Netral (N). Saat posisi netral
tenaga dari mesin tidak diteruskan ke poros out put, karena sincromesh
dalam keadaan bebas atau tidak terhubung dengan roda gigi tingkat.
Posisi 1. Jika tuas ditarik ke belakang maka gear
selection fork akan menghubungkan unit sincromesh untuk berkaitan
dengan gigi tingkat 1. Posisi 1 akan menghasilkan putaran yang lambat tetapi
momen pada poros out put besar.
Posisi 2. Tuas didorong ke depan
menggerakkan gear selector fork sehingga unit sincromesh
berhubungan dengan roda gigi tingkat no 2. Posisi 2 putaran poros out put lebih
cepat dibanding pada posisi 1.
Posisi 3. Jika tuas ditarik ke belakang
maka gear selection fork akan menghubungkan unit sincromesh
untuk berkaitan dengan gigi tingkat 3. Posisi 3 akan menghasilkan putaran yang
cepat dibanding posisi 2.
Posisi 4. Tuas didorong ke depan
menggerakkan gear selector fork sehingga unit sincromesh
berhubungan dengan roda gigi tingkat no 4. Posisi 4 putaran poros out put lebih
cepat dibanding pada posisi 3.
Posisi 5. Tuas ditarik ke belakang
menggerakkan gear selection fork sehingga unit sincromesh
berhubungan dengan roda no 5. Transmisi pada posisi gigi lima kecepatanya
paling tinggi tetapi momen yang dihasilkan pada poros out put paling kecil.
Posisi R. Tuas didorong ke depan menggerakkan gear
selection fork sehingga unit sincromesh berhubungan dengan roda
gigi R. Antara roda gigi R dan roda gigi pembanding dipasangkan roda gigi idel (idler
gear) yang menyebabkan putaran poros input berlawanan arah dengan poros
out put.
No comments:
Post a Comment